Keislaman
Print this page Generate PDF
Hlm. 1 / 3  Selanjutnya | Akhir

Redaksi Shalawat

يقول الحافظ ابن حجر رحمه الله :" هذا الإمامُ الشافعي أعلى الله درجته - وهو من أكثر الناس تعظيماً للنبي صلى الله عليه وسلم - قال في خطبة كتابه الذي هو عمدة أهل مذهبه : اللهم صلِّ على محمد ، إلى آخر ما أدَّاه إليه اجتهاده وهو قوله : كلما ذكره الذاكرون ، وكلما غفل عن ذكره الغافلون .


Pemuliaan Guru

Dalam perjalanan hijrah, tepatnya dalam perjalanan menuju gua Tsur, Abu Bakr RA kadang-kadang berjalan di depan Nabi SAW, di kesempatan lain –kadang-kadang– berjalan di belakang beliau SAW
Ketika Rasulullah SAW menyadari hal itu, beliau SAW bertanya, “Wahai Abu Bakr, mengapa kamu kadang-kadang berjalan di depan saya, lalu kadang-kadang di belakang saya?”
Abu Bakr menjawab, “Rasulullah, ketika aku teringat (kemungkinan buruk) apa yang terjadi dari belakang (seperti pengejar) maka aku berjalan di belakang anda. Kemudian ketika aku teringat (kemungkinan adanya) pengintai maka aku berjalan di depan anda.”


5 (Lima) Sahabat Nabi Terkaya yang Diberitakan Masuk Surga & Nilai Kekayaannya

Tulisan ini terinspirasi oleh tulisan Dr. Yusuf ibn Ahmad al-Qasim (dapat dibaca di www.al-mithaq.net/articles.php?action=show&id=199). Dalam artikelnya, beliau mengambil datanya dari beberapa buku, di antaranya Tarikh al-Islam dan Sayr A’lam al-Nubala`. Sementara saya, dalam tulisan ini berusaha menambahkan verifikasi saya sendiri dari sumber-sumber lain yang saya jelaskan pada tempatnya.


"وجه نصب ما بعد " بان

Beberapa santri yang mengkaji buku-buku fiqh menemukan isykaal mengenai kedudukan (i'raab) kata manshuub yang berada setelah kalimat " baana ". Mudah-mudahan apa yang dikutip oleh Ustadz al ustadziin, Syaikh Ali Asy Syabramallisiy (997 - 1087 H / 1588 - 1676 M) dari al imam As Suyuthi (849 - 911 H / 1445 - 1505 M) berikut ini dapat membantu mencerahkan.


Pendidikan Indonesia, Anda Mau Kemana?

Tanpa bermaksud mengagungkan keberadaan Pesantren dengan aktifitas pendidikan keagamaannya, fenomena tawuran antar pelajar saat ini selayaknya sepatutnya dilihat sebagai akibat dari kurangnya pendidikan akhlak keagamaan yang diberikan oleh pihak sekolah umum negeri -dan juga swasta. Fenomena ini sudah nyaris akut karena sudah mulai pada tahap kejahatan tertinggi dalam peradaban budaya manusia, yaitu membunuh.


Posisi Berdiri Makmum yang Sendirian

"Ibnu Abbas bercerita, aku mendatangi Rasulullah -shalawat dan salam untuknya- di akhir malam. lalu aku shalat di belakangnya. Beliau mengambil tanganku dan menariknya dan membuatku berada di sisinya (maksudnya di sisi sebelah kanan beliau). Ketika beliau mulai masuk shalat, aku mundur. Lalu Rasulullah shalat. Usai shalat, beliau berkata kepadaku,

"Ada apa denganku. Aku posisikan kamu di sisi (setara) denganku lalu kamu mundur?"

Aku menjawab, "Wahai Rasulullah. Apakah layak bagi seseorang shalat sejajar denganmu sementara engkau adalah utusan Allah -subhanahu wa ta'alaa-, di mana Allah -subhanahu wa ta'alaa- telah memberimu (hikmah)?"


Pernikahan Wanita Hamil Akibat Zina - wal 'iyaadzu billaah

Mengapa dalam Islam, wanita yang dicerai oleh suaminya dalam kondisi hamil tidak diizinkan menikah dengan lelaki lain sebelum melahirkan? Alasannya, salah satunya adalah bahwa penyebab kehamilan tersebut yang sifatnya mulia. Maksudnya, kehamilan tersebut diakibatkan oleh sebuah pernikahan dan pernikahan adalah sesuatu yang mulia.
Sementara tidak ada kemuliaan bagi penyebab kehamilan berupa perzinaan. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya hubungan nasab secara hukum antara anak hasil zina dan ayahnya. Rasulullah -shalawat dan salam untuknya- pernah bersabda, "(Keterkaitan) anak disebabkan oleh firasy (pernikahan), sementara untuk pelaku zina yang ada adalah batu (rajam)."


Mencicil Emas (2)

Kata "emas" dalam hadis Ubadah (adalah hadis yang menjadi acuan utama terkait riba jualbeli) adalah mencakup emas dalam kapasitasnya sebagai uang (dinar) dan emas sebagai barang sekaligus. Artinya apapun bentuk dan ujud serta fungsi emas maka ia adalah item ribawi. Alasannya? (Tulisan ini merupakan opini alternatif atas fatwa DSN no. 77)


Mencicil Emas

Di satu sisi kita mengatakan bunga bank adalah riba meskipun fiat money tidak disebutkan secara langsung oleh yang mulia kanjeng Nabi sebagai obyek ribawi.

Di sisi lain kita mengijinkan transaksi pertukaran antara uang dan emas (obyek ribawi berdasarkan pesan kanjeng) secara tidak tunai meskipun keduanya (fiat money dan emas) adalah obyek ribawi.


Azan

Untuk pertama kalinya adzan atau azan disyariatkan pada tahun pertama Hijriyyah (sebagian sejarawan mengatakan di tahun kedua Hijriyyah).
Hukum pelaksanaannya fardhu kifayah. Mengingat azan merupakan bagian dari ajaran agama Islam yang sudah diketahui secara pasti dan meyakinkan (ma'luum minaddin bi adh dharuurah) maka pengingkaran terhadap eksistensi azan untuk tujuan pemberitahuan ketibaan waktu shalat fardhu dinilai sebagai salah satu bentuk kekufuran.


Hlm. 1 / 3  Selanjutnya | Akhir


© Hakcipta 2008-2017 - Pesantren Al Muta'allimin, Jakarta 12210