Hadis
Print this page Generate PDF
Kamis, 29 Oktober 2009, 18:14

Skema Klasifikasi Hadis (1)

Ayip


Tidak sedikit para pelajar yang ingin mendalami ilmu Musthalah Hadis atau ilmu hadis dirayah mengalami kebingungan saat memahami klasifikasi hadis. Para penulis juga sering dihadapkan pada pilihan antara membahasnya secara rinci dengan implikasi 'jauh panggang dari api' sehingga alih-alih membuat paham malah membuat pusing kepala pembacanya. Perdebatan terminologi di kalangan ahli Ushul, ulama hadis klasik dan modern membuat buku-buku mereka menjadi tidak efektif dan tidak layak bagi pemula. Sementara menulisnya secara sederhana tidak memberikan gambaran yang utuh mengenai ilmu hadis dirayah.

Ilmu yang satu ini memang cukup rumit dan memerlukan kejelian maksimal untuk bisa dipahami dengan baik. Begitu rumitnya, kadang-kadang pelajar yang satu dengan yang lain sering berbeda pemahaman.

Usaha penjabaran ilmu ini dengan baik dan komprehensif dengan bahasa (Indonesia?) yang mudah disertai contoh-contoh yang cukup amat penting. Bisa jadi, hal itu memerlukan proses yang memakan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Yang pasti harus ada para pakar bidang ini di Indonesia yang mesti memulainya.

Sebagai bagian dari proses itu, kami berharap skema klasifikasi hadis berikut dapat memberikan kontribusinya, meskipun disadari bahwa kontribusi ini teramat kecil mengingat tema kajian yang amat luas.

Skema klasifikasi hadis ini berikut ini cukup rinci, meskipun tidak amat rinci. Untuk itu tidak tertutup kemungkinan setiap bagian mempunyai subbagian yang lebih kecil. Juga tidak tertutup kemungkinan ada klasifikasi yang terlewatkan. Membaca buku rujukan tetap diperlukan untuk memahami istilah-istilah dalam skema serta hal-hal yang berkaitan dengan masing-masing istilah.

  1. Skema ini bersumber dari buku موسوعة هل يستوي الذين يعلمون والذين لا يعلمون - مصطلح الحديث
  2. Download buku rujukan dan gambar skema yang lebih besar.
  3. Mohon tidak ragu untuk memberikan masukan penting untuk pengembangan atau bila terdapat kesalahan.

 


Kembali - Cetak

© Hakcipta 2008-2017 - Pesantren Al Muta'allimin, Jakarta 12210