HIKMAH
Print this page Generate PDF
Rabu, 26 November 2008, 22:13

Sayyiduna Umar RA dan Khamr

Nur Ikhwan


Sutu hari sayyiduna 'Umar RA berjalan menyusuri kota Madinah. Di tengah perjalanan dia bertemu dengan seseorang pemuda yang tengah membawa minuman keras (khamr).  Khamr itu disembunyikannya di balik pakaiannya. Bertemu pemuda itu, sayyiduna Umar RA menyapanya dan bertanya, "Wahai anak muda. Apa yang engkau bawa?" Terkejut mendengar pertanyaan sayyidina Umar RA, pemuda itu tampak ketakutan.
Sebelum menjawab dia sempat berdoa dalam hatinya, "Ya Allah. Jangan Engkau buka aibku dan jangan Engkau permalukan aku di hadapan Amirul Mukminin. Ya Allah. Jika Engkau kabulkan doaku maka aku bersumpah tidak akan pernah meminum khamr lagi selama-lamanya." Lalu dia menjawab, "Iya Amirul Mukminin. Yang aku bawa ini cuka."
Karena penasaran sayyiduna Umar RA ingin melihatnya.
Dengan perasaan cemas, pemuda tadi terpaksa meyerahkan khamr-nya kepada sayyidina Umar RA. Masya Allah Kaan! Ketika sayyidina Umar RA memeriksanya seketika itu juga -atas kehendak Allah- khamr tersebut berubah menjadi cuka. Sayyiduna Umar pun berlalu.

Hikmah

Taubat seseorang kepada Allah yang didasari oleh rasa takut bercampur malu kepada sayyiduna 'Umar RA -manusia biasa- ternyata dapat menghasilkan sesuatu yang fenomenal, khamr yang berubah menjadi cuka.

Jika itu dapat terjadi, lalu bagaimana dengan seseorang yang bertaubat karena takut kepada Allah SWT dengan harapan Dia SWT mengampuninya? Niscaya Allah akan mengganti khamr dosa-dosanya dengan cuka pahala.

Perubahan dosa menjadi pahala bukanlah sesuatu yang aneh dan mengherankan mengingat sifat Allah yan pemaaf dan mulia. Allah SWT berfirman, "Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; Maka kejahatan mereka diganti oleh Allah dengan kebaikan. dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS.Al Furqan : 70)

Dikutip dari Tanwirul Qulub, Bab At-Taubah, Syeikh Muhammad Amin Kurdi, Darul Fikr, Juz 2 , hal:380.

Kembali - Cetak

© Hakcipta 2008-2018 - Pesantren Al Muta'allimin, Jakarta 12210